Penyakit Jantung Koroner Karena Tingginya Kadar Kolesterol

Penyakit Jantung Koroner Karena Tingginya Kadar Kolesterol

Penyakit Jantung Koroner, merupakan penyebab kematian nomor satu di Asia bahkan di dunia. Kolesterol tinggi mempunyai hubungan langsung yang erat dengan penyakit jantung. Semakin rendah kolesterol,semakin kecil kemungkinan terkena penyakit jantung. Merokok meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Olah raga dan diet seimbang dapat membantu mestabilkan kolesterol dan bisa mencegah penyakit jantung.

PJK atau penyakit jantung koroner biasanya terjadi sebagai akibat dari aterosklerosis, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan kolesterol bertumpuk pada dinding pembuluh darah arteri (pembuluh darah yang terletak di jantung yang menyedikan oksigen untuk jantung). Kolesterol yang bertumpuk ini disebut plak aterosklerotik dan dapat menghalangi aliran darah masuk ke arteri. Arteri jantung yang, cirinya normal bersih dari sumbatan. Arteri ini membawa darah ke jantung tanpa hambatan.

Proses Terjadinya AtherosclerosisPada aterosklerosis ringan,ada beberapa timbunan kolesterol di dalam arteri, tetapi belum sampai menyumbat jalannya aliran darah. Ketika arteri sudah tersumbat hingga 50%, aliran darah yang menuju mulai berkurang. Cepat atau lambat kemungkinan timbulnya pembekuan darah akan meningkat akibat penyempitan saluran. Pada aterosklerosis koroner oklusif, pembuluh arteri sudah tersumbat 60% sampai 70%. Dalam situasi ini pembuluh arteri tidak dapat mengalirkan darah yang cukup ke jantung. Darah mengalir melalui lubang yang kecil yang beresiko terjadi pembekuan darah dan inilah yang menyebabkan serangan jantung. Bila 100% dari pembuluh arteri telah tersumbat dan tidak ada aliran darah yang bisa masuk ke dalam jantung, pada situasi inilah seseorang punya kecenderungan sangat tinggi terkena serangan jantung.

APAKAH ITU KOLESTEROL ?

Kolesterol adalah suatu zat berwarna putih seperti lilin, yang dapat ditemukan di setiap sel tubuh. Kolesterol digunakan untuk membantu mencerna lemak, memperkuat membran sel dan pembuatan hormon.

Penumbatan Pembuluh DarahKolesterol dibawa dalam darah dalam bentuk bungkusan protein.kesatuan kolesterol protein ini disebut lipoprotein. Ada beberapa jenis lipoprotein, yaitu lipoprotein densitas rendah atau low density lipoprotein (LDL), lipoprotein densitas tinggi atau high density lipoprotein (HDL) dan trigliserida (TG).

Kolesterol bisa didapat pada makanan hewani yang kita konsumsi, seperti daging, jeroan, hati, otak, putih telur, udang, kerang, mentega, dan susu. Jenis-jenis makanan tersebut mengandung kolestrol tinggi.

Kolesterol HDL  merupakan kolesterol jenis baik. Kolesterol ini memindahkan kolesterol  jahat dari dinding arteri. Orang yang memiliki kadar kolesterol HDL yang tinggi,memiliki resiko kecil akan timbulnya pembekuan darah dalam arterinya.

Kolesterol LDL adalah kolesterol jenis jahat. Kolsterol ini menempel pada dinding arteri yang rusak dan bisa menyebabkan timbunan serta penyumbatan yang pada akhirnya menyebabkan serangan jantung. Merokok dan tekanan darah tinggi merupakan penyebab rusaknya dinding arteri. Orang yang memiliki kadar kolesterol LDL yang tinggi, akan beresiko tinggi terkena serangan jantung.

Trigliserida  merupakan lemak yang berasal dari lemak hewani dan tumbuhan yang kita makan. Organ hati menggunakan lemak yang kita makan, khususnya lemak jenuh untuk membuat kolesterol. Oleh sebab itu kadar lemak jenuh tinggi, kolesterol darahpun dapat meningkat. Kadar trigliserida yang tinggi dapat juga menurunkan tingkat lolesterol baik atau HDL. Hal ini akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung koroner.

LANGKAH – LANGKAH YANG BISA KITA LAKUKAN AGAR JANTUNG TETAP SEHAT

Lakukan Aktifitas Lebih Banyak 
Sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka yang menghabiskan lebih dari 2.000 kalori untuk seluruh aktivitasnya dalam satu minggu, setara dengan Anda yang melakukan jogging sejauh kurang lebih 32 km, ini dapat meningkatkan angka harapan hidup menjadi dua tahun lebih panjang dan mengurangi resiko serangan jantung.

Lakukan Aktifitas Lebih Banyak

Stop Merokok
Dengan menghentikan kebiasaan merokok, Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Stop Merokok

Lakukanlah Manajemen Stress Dengan Baik
Kenali berbagai situasi yang bisa membuat Anda stres. Belajarlah untuk menyesuaikan diri terhadap diri terhadap stress tanpa harus terperangkap didalamnya.

Lakukanlah Manajemen Stress Dengan Baik

Periksaan Tekanan Darah Dan Kolesterol Anda
Periksakan tekanan darah dan kolesterol Anda secara berkala. Tes sederhana tekanan darah ini dapat menunjukkan adanya tekanan darah tinggi atau hipertensi dan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat yang disebut sphygmomanometer yang dapat dibeli dengan harga cukup murah.

Tes EKG Jika Perlu
Tes ini menggunakan alat disebut elekro-kardiograf yang berfungsi untuk mengetahui kagiatan fisiologis  dan mekanisme jantung. Tes  ini dapat mendeteksi adanya kelainan jantung secara dini.

Konsumsi Makanan Rendah Lemak
Kurangi makanan hewani,goreng-gorengan dan makanan yang diolah dengan minyak jenuh. Perbanyak makan sayur ,buah-buahan,padi-padian dan polong-polongan.

Konsumsi Makanan Rendah Lemak