Pengobatan Penyakit Diabetes Dengan Tanaman Obat

Penyakit kencing manis atau yang biasa disebut diabetes melitus adalah penyakit yang timbul karena kadar glukosa dalam darah yang berlebihan, sehingga memicu terjadinya kelainan sistem insulin. Penyakit diabetes ini terdiri dari 2 tipe, yakni tipe 1 dan tipe 2. Kedua tipe penyakit diabetes tersebut memang disebabkan karena gula darah, namun jika di teliti secara seksama kedua tipe 1 maupun tipe 2 memiliki perbedaan yang cukup mendasar mulai dari cara pengobatan, penyebab, serta ciri cirinya. Dan apakah dapat mengobati Ddiabetes dengan herbal diabet, yaitu tanaman obat yang diramu untuk obat diabet? Pengobatan Penyakit Diabetes Dengan Tanaman Obat

Bagi orang yang sudah berusia 30 tahun keatas umumnya akan rentan terkena diabetes tipe 2. Diabetes 2 sendiri timbul karena disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, dan jarang sekali melakukan aktivitas olah raga, Namun saat ini diabetes tidak hanya menyerang orang yang berusia diatas 30 tahun, orang yang masih muda dengan umur antara 20 hingga 25 tahun juga sangat rentan terkena diabetes tipe 2. Obat Penyakit Diabetes

Diabet

Sumber Gambar : healthjournal254.com

Untuk mengetahui ciri ciri dan gejala Diabetes type 2 tidak dapat diketahui dengan mudah, perlu diagnosis dari Dokter agar gejalanya dapat diketahui secara pasti. Dan jalan paling tepat untuk mengetahui ciri ciri diabetes tipe 2 yakni dengan melalui tes darah, Jika tes tersebut menunjukkan positif diabetes maka biasanya Anda diwajibkan untuk menurunkan berat badan, setelah itu diberikan obat telan dari Dokter.

Memang tidak mudah untuk mengetahui secara jelas gejala serta ciri ciri diabetes tipe 2 yang pasti, namun dari kasus yang pernah terjadi, umumnya penderita diabetes akan mengalami beberapa gejala seperti berikut Obat Penyakit Diabetes

Gejala Dan Ciri Ciri Diabetes serta Ciri ciri diabetes

1. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil juga akan dialami penderita diabetes, jika hal ini sering terjadi tidak ada salahnya Anda segera periksakan gejala awal ini untuk mendapatkan penanganan yang cepat.

2. Berat badan semakin turun

Jika Anda mengalami penurunan berat badan yang cukup cepat dan signifikan, kemungkinan hal ini menjadi tanda awal penyakit diabetes. sebab turunnya berat badan sangat erat kaitannya dengan diabetes, hal ini dikarenakan glukosa tidak bisa di serap oleh tubuh.

3. Meningkatnya nafsu makan

Ciri ciri diabetes selanjutnya dapat di lihat dari nafsu makan yang kian bertambah, agar fungsi sel dapat bekerja dengan baik, sehingga dibutuhkan asupan glukosa lebih banyak yang bersumber dari makanan. Akan tetapi makanan yang sudah ditelan tidak mampu masuk ke sel tubuh untuk proses metabolisme, itulah sebabnya mengapa perasaan lapar sering muncul. Obat Penyakit Diabetes

4. Gangguan penglihatan

Penderita diabetes 2 umumnya akan mengalami keluhan ini, penyebab penglihatan semakin tidak jelas atau kabur dikarenakan Kadar glukosa yang semakin meningkat, sehingga membatasi cairan pembuluh darah masuk ke mata, bahkan keadaan seperti ini bisa membuat lensa mata berubah bentuk. Namun Anda tidak perlu khawatir, ciri ciri seperti ini dapat kembali normal jika kadar gula darah semakin berkurang. Gejala awal ini akan tetap ada selama kadar gula darah masih tinggi.

5. Sering Kesemutan/Mati rasa

Pada umumnya dari pengalaman beberapa orang, ciri ciri orang yang terkena diabetes biasanya akan mengalami ciri ciri seperti mati rasa. Gejala awal seperti ini harus diwaspadai karena bisa menjadi penyebab kerusakan pada serabut saraf. Beberapa bagian tubuh yang akan mengalami mati rasa biasanya kaki, tangan, dan jari, bahkan gejalanya seperti kesemutan.

Hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas (kelenjar pankreas terletak di lekukan usus dua belas jari ) sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar gula ( glukosa ) darah antara 60 – 120 mg/dl waktu puasa dan kadar gula dalam dua jam sesudah makan di bawah 200 mg/dl. Apabila terdapat gangguan kerja insulin, baik kualitas maupun kualitas, maka keseimbangan tersebut akan terganggu dan kadar gula darah cenderung naik.

Seseorang sudah dapat disebut Diabetes Mellitus apabila menderita 2 dari 3 yang tersebut di bawah ini:

  • Keluhan haus, banyak minum, banyak kencing, penurunan berat badan.
  • Kadar gula darah lebih dari 120 mg/dl, pada waktu puasa.
  • Kadar gula darah lebih dari 200 mg/dl, 2 jam sesudah makan.

Karena kadar gula darah meningkat, maka kelebihan gula ( glukosa ) tersebut akan dikeluarkan melalui air seni dan terjadilah glukosuria ( yaitu adanya glukosa – gula di dalam air seni ); pada orang normal tidak terdapat glukosa di dalam air seninya. Adanya gula di dalam air seni ini dapat diketahui dengan beberapa cara, antara lain :

Air seni penderita tersebut segera didatangi semut karena mengandung gula

Adanya rasa manis di air seni ( Dr. Thomas Willis dari Inggris pernah mencoba menjilatinya )

Timbul rasa gatal di kemaluan pada bekas kencing

Dan yang paling tepat adalah pemeriksaan terhadap adanya glukosa atau gula di dalam air seni, dengan cara :

A. Reaksi Fehling ( reaksi rebus )

B. Kertas strip yang disebut BM test

C. Kertas strip lain : Glukotest

D. Kertas strip yang disebut Diastix

E. Reaksi dengan tablet, yaitu dengan Clinitest.Salah satu atau beberapa cara ( a, b, c, d ) tersebut biasanya telah diketahui oleh penderita Diabetes Mellitus.

Salah satu komplikasi kencing manis – diabetes adalah pada “kaki”. Kaki merupakan salah satu bagian organ tubuh yang sering diserang oleh penyakit diabetes. Banyak penderita diabetes menganggap remeh pada bagian kaki, sehingga banyak kaki penderita diabetes terpaksa diamputasi.

Diabet

Sumber Gambar : Boro.Gr

Periksa kaki setiap hari, periksa adanya lecet, jamur, kemerahan karena penekanan, atau adanya luka. Gunakan cermin untuk memeriksa bagian telapak kaki.

Jangan merendam kaki. Cuci kaki dengan bersih setiap hari, gunakan sabun yang lembut, keringkan kaki dengan handuk yang lembut terutama di sela-sela jari.

  • Berikan lotion untuk melembabkan kaki, tetapi jangan diberikan di sela-sela jari.
  • Potong kuku sejajar dengan ujung jari dan lurus.
  • Hindari kaki dari panas atau dingin yang berlebihan.
  • Jangan pergi tanpa alas kaki.
  • Gunakan kaos kaki yang menyerap keringat, dan ganti kaos kaki setiap hari.
  • Hindari penggunaan obat-obatan pada luka tanpa resep dokter.
  • Segera periksakan ke dokter, jika terjadi luka sekecil apapun.
  • Lakukan senam kaki setiap hari.

Pengobatan Penyakit Diabetes Dengan Tanaman Obat

Tanaman obat memiliki kelebihan dalam pengobatan Diabetes karena umumnya tanaman obat memiliki fungsi konstruktif yaitu :

  • Memperbaiki kerusakan fungsi pancreas
  • Membangun kembali jaringan-jaringan yang rusak pada organ pancreas
  • Meningkatkan efektifitas insulin
  • Menyembuhkan penyakit komplikasi akibat Diabetes

Herbal DIabet